WELCOME

Welcome to my Blog.. HAve Fun And Check it Out..
SEmoga Bermanfaat!!!

Senin, 24 Desember 2012

ETIKA BISNIS CURHAT




INI CERITAKU, APA CERITAMU?
Lingkungan???!!! Siapa yang tidak tau tentang lingkungan?, di mana pun kita berada, tidak akan pernah lepas dari yang namanya lingkungan, lingkungan akan berpengaruh terhadap “mood” kita, jika lingkungan kita sudah tidak mendukung maka secara tidak sadar wajah kita akan berubah menjadi tidak enak, untuk diam saja mungkin tidak akan betah, apa lagi untuk melakukan sesuatu yang sangat menguras tenaga, dan pikiran kita. Lingkungan yang akan membawa kita ke suasana yang menyenangkan adalah ketika lingkungan tersebut bersih, rapi, dan indah. Keadaan seperti itu sebenarnya tidak akan sulit dilakukan, hanya saja perlu kesadaran dari masing individu kita sendiri.
Fasilitas pembuangan sampah yang tersedia merupakan faktor pendukung agar orang-orang bisa memenuhi kesadarannya, misalnya saja, seseorang tersebut sudah ingiin membuang sampah pada tempatnya, namun karena tidak tersedia tempat sampah mereka membuang sampah sembarangan tanpa ada rasa bersalah sedikitpun. Kondisi seperti itu bisa dilihat di wilayah gedung D dan E Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang, menurut saya, disana kurang tersedia tempat sampah untuk tempat pembuangan terutama wilayah sigma yang sering ditempati mahasiswa makan atau minum.
Tidak dipungkri bahwa saya pernah membuang sampah di sekitar gedung E4 tepatnya wilayah sigma seperti yang telah saya sebutkan di atas. Pada hari itu, ketika perut sudah tak bisa menahan lapar, saya membeli makanan di sigma minimarket dengan dua jenis makanan ringan dan satu minuman. Saya menikmati camilan tersebut bersama teman saya setelah semuanya habis, saya mencari tempat sampah namun tidak ada satu tempat sampah yang saya temukan maka dengan tanpa dosa saya membuang sampah itu di tumpukan sampah kering yang juga ada bungkus camilan dan waktu itu pun saya berkata “ini ada temannya, ya sudah buang di sini saja”. Teman saya yang sedang bersama saya hanya bisa tersenyum.
Selain itu, hal lain yang pernah saya lakukan dan sepertinya juga sering dilakukan oleh teman-teman sekelas saya sekarang yaitu ketika sudah menikmati makanan yang berbungkus kecil seperti permen, saya membuang sampah itu di kolom kecil di bawah kursi kelas. Sebenarnya pertamanya saya tidak tahu kalau ada kolom itu namun saya terinspirasi oleh teman saya yang ternyata sudah lama melakukan seperti itu. Sampai saat sekarang pun, masih pernah saya lakukan karena tempat sampah yang jauh yang hanya ada di pojok-pojok gedung membuat tidak bisa dijangkau oleh mahasiswa.
Sebenarnya, apapun alasannya, kita sebagai makhluk hidup yang akan selalu menikmati lingkungan kita seharusnya atau wajib untuk membuang sampah pada tempatnya karena semua itu untuk kesehatan kita, sampah yang banyak dan tidak pada tempatnya akan menyebabkan bau busuk yang akan kita hirup jika kita melintasi tempat tersebut. Bau tersebut yang akan membawa penyakitke tubuh kita.
            Salah satu cara yang saya lakukan untuk tidak mengotori lingkungan adalah dengan menyediakan tempat sampah di depan kamar saya, tempat sampah tersebut hanya untuk sampah kering, setiap pagi biasanya saya membuang sampah tersebut ke dapan kos-kosan saya, di sana bapak tukang sampah akan membawanya ke tempat akhir pembuangan sampah. Dengan hal tersebut maka saya berharap kosan tidak tercemar begitu juga dengan lingkungan sekitar.
            Selain itu, untuk menghindari kebiasaan membuang bungkus kecil dalam kolom bawah kursi kelas, mulai dari dini dan mulai dari sekarang saya membuang sampah itu dalam tas saya, sehingga pada waktu sudah di kos mau tidak mau saya harus membuang sampah itu ke tempat sampah agar tas saya tidak penuh dengan sampah.
            Lingkungan rusak bukan hanya karena membuang sampah tidak pada tempatnya tapi juga karena seseorang yang tidak mematuhi peraturan yang ada, misalnya saja orang yang merokok di tempat “DILARANG MEROKOK”. Mereka hanya memikirkan dirinya tanpa memedulikan orang lain, padahal biasanya sudah disediakan ruang merokok. Dengan adanya seseorang yang seperti itu maka kemungkinan akan banyak lagi orang lain yang meniru karena mereka berpikir semakin banyak yang melanggar maka semakin tidak takut mereka untuk melanggar peraturan, padahal rokok dapat mencemari udara di sekitar kita yang akan menyebabkan penyakit kepada orang sekitar perokok tersebut karena perokok pasif lebih berbahaya daripada perokok aktif.
REKOMENDASI
1.      Sebaiknya disediakan tempat sampah di sekitar tempat yang banyak dikunjungi orang.
2.      Adanya hukuman tegas atas peraturan yang sudah dibuat, jangan hanya peraturan yang diumbar-umbar tanpa adanya tindakan.
3.      Segera laporkan ke pihak yang bertugas jika ada seseorang yang melanggar, terutama pelanggaran merokok di tempat umum.
4.      Kesadaran yang perlu ditingkatkan tentang lingkungan, bukan hanya untuk sekedar tahu ilmunya tapi bagaimana seharusnya kita harus menerapkan ilmu tersebut.
Halaman hadiah
Pantun lingkungan
By :Ika Susilawati

Istrinya papa namanya mama
Selalu bersama pada saat makan
Sediakan tempat sampah sekitar sigma
Maka sampah tidak akan berserakan

Beli keripik tempe ke sanan
Lebih aman jika ngajak teman
Bukan karena peraturan kita lakukan
Tapi karena kesadaran dan kepedulian

Kita kerja untuk dapat upah
Jangan lupa formulir upah diisi
Karena tidak ada tempat sampah
Terpaksa saya buang di kolom kursi

Bergeser untuk pindah
Hewan melompat namanya katak
Lingkungan bersih, rapi dan indah
Akan Menyehatkan hati, otot, dan otak

Tidak ada komentar: