WELCOME

Welcome to my Blog.. HAve Fun And Check it Out..
SEmoga Bermanfaat!!!

Jumat, 05 Oktober 2012

pancegahan virus

Mematikan Autorun untuk mencegah virus pada Windows XP

Windows XP sangat rentan terjangkit virus. Sering kali terjadi, menularnya virus adalah melalui media penyimpanan USB Disk (flashdisk). Tanpa disadari, usai USB Disk ditancapkan, virus tersebut beraksi menjangkiti sistem operasi. Padahal, kita belum menyentuh satu berkas-pun yang tersimpan dalam USB Disk.

Perilaku bawaan Windows XP, setiap kali kita menancapkan USB Disk maupun memasukan CD-ROM, secara otomatis Windows XP melakukan proses memindai berkas autorun.inf untuk menjalankan sebuah aplikasi. Hal ini sering dimanfaatkan pembuat virus untuk menularkannya ke tiap komputer.

Nah, salah satu cara untuk mecegah (meminimalisir) menularnya virus pada Windows XP adalah dengan mematikan fitur Autorun (autoplay). Selain itu, menghemat waktu, Windows XP tidak perlu melakukan pemindaian pada USB Disk yang kita colokkan.

Untuk mematikan Autorun tersebut, salah satu jalan yang paling mudah adalah menggunakan aplikasi TweakUI, merupakan salah satu aplikasi dalam paket Microsoft PowerToys for Windows XP. Aplikasi ini berfungsi memodifikasi registry windows, jadi tinggal memilih penyetelan yang kita inginkan.

Terdapat dua versi, TweakUI versi 2.10 untuk Windows XP dengan Service Pack 1 dan yang terbaru. Sedangkan, TweakUI versi 2.00 untuk versi awal Windows XP tanpa service pack.

Cara mematikan fitur Autorun, bukalah TweakUI selanjutnya pilih menu My Computer > AutoPlay > Drive, non-aktifkan dengan cara menghilangkan tanda centang pada pilihan semua drive dari A hingga Z. Berikutnya, menuju menu My Computer > Autoplay > Types, non-aktifkan Enable AutoPlay for removable drive serta mematikan Enable Autoplay for CD and DVD drive. Tutorial ini merupakan salah satu cara untuk mencegah penularan virus, masih ada jalan lain penularan virus komputer. Tergantung masing-masing perilaku pengguna komputer, mewaspadai berkas-berkas yang dirasa aneh, memindai USB Disk yang dicolokkan dengan antivirus, serta pastikan selalu memperbarui database antivirus yang digunakan.


Tidak ada komentar: